Hindu-Budha, Islam

Periode  I.   Hindu-Budha, Islam awal

Tahun

Kejadian Penting Global dan Nusantara

Tahun

25

Dinasti Han mulai berkuasa di China, sampai tahun 260 melakukan hubungan dagang dengan Nusantara dan Eropa  lewat jalur sutra dan laut (Nusantara).

60

Pedanius Dioscorides, dari Anarzabus pada jaman Kaisar Nero menyusun buku Codex de Materia Medica kompilasi obat-obatan dari t anaman dan hewan.

 

105

Kertas telah dibuat dan digunakan di Cina.

 

111

Saluran Segovia (Spanyol) dibangun oleh kaisar Roma Marcus Ulpius Traianus (98-117) yang mengalirkan air sejauh 16 km dari sungai Frio ke kota Segovia. 1-segovia1Traianus meninggalkan banyak bangunan-bangunan publik; jembatan, viaduct, teater, pemandian umum dan lain-lain pada measa pemerintahannya. Pada masa ini penganut agama Kristen masih dijadikan buron diseluruh kekaisaran Roma, namun Traianus bersikap agak lunak terhadap penganut Kristen.

Pembangunan infrastruktur, pengairan, jalan raya dan bangunan publik merupakan ciri yang menonjol dari Imperium Roma. Hal ini juga yang memungkinkan imperium ini bertahan dalam jangka waktu lama sekitar 8 abad. Khusus jalan raya pada masa itu telah dipunyai jalan yang dikeraskan yang total panjangnya mencapai 80,000 km suatu yang tidak didapati dari imperium lain dalam sejarah.

 

160

Claudius Ptolemaeus dari dari Alexandria, Mesir; astronom, mathematician, dan geographer keturunan Junani. mencantumkan kepulauan India Timur dalam bukunya Geōgraphikē hyphēgēsis (Guide to Geography).

 

200-600

Paham Budha berkembang di Cina. Tercatat berapa peziarah Cina ke India.

 

312

2-constantne

 

Kaisar Roma Flavius Valerius Constantinus (280-337) menetapkan Kristen sebagai agama wajib masyarakat. Constantine the Great kaisar pertama beragama Kristen menyebabkan percepatan perkembangan Kristen di Eropa. Constantine kemudian memindahkan kedudukan ke Byzantium yang kemudian dinamai Constantinopel.

3-constantne-arc  

 

325

Konsili Nicea (Iznik-Turki), diadakan oleh Constantine kaisar Roma, menghimpun 318 orang uskup dari keseluruhan 1,800 uskup dari seluruh penjuru guna menyelesaian perselisihan mengenai kedudukan Jesus Kristus. Kredo Nicea ialah Jesus sang Anak sebagai cosubstantial dengan sang Bapak, menimbulkan sebutan Tuhan Jesus yang  menjadi inti keimanan Kristen. Selain itu juga menetapkan hari Minggu sebagai hari kebaktian, penetapan hari Paskah.

 

 

Prasasti Muara Kaman yg merupakan inskripsi tertua tentang adanya negara Hindu-Indonesia di Kalimantan Timur (Kutai-Kartanegara)

400

414

Fah-Hien peziarah dari Cina dalam perjalanan dari Cina ke India melalui laut melaporkan Brahmanism telah dianut di Jawa dan Sumatera.

 

 

Raja Purnawarman tercantum dalam prasasti berbahasa Sanskerta, yang mencantumkan raja menaklukkan negara tetangga dan membangun kanal pengairan. Catatan ini besesuaian dari penjelajah Cina Fah-Hoen. Hasil utama dari kerjaaan ini ialah indigo dan masyarakat beragama Budha

4Prasasti Ciaruteun, Bogor   4-prasasti-cilauteureun    

 

415

 

Pendeta Budha Gunawarman dari India menyebarkan paham Budha-Hinayana di Sumatera

424

500

Suku bangsa Germania membebaskan daerah Netherland (daerah rendah) dari Romawi.

 

570

Kelahiran Muhammad SAW di Mekkah.

 

619

Kenabian Muhammad SAW

 

622

Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah. Muhammad SAW dan pengikutnya pindah dari Mekkah ke Yathrib (sekarang Madinah) karena situasi di Mekkah yang semakin tidak kondusif untuk mereka, sementara itu Madinah yang memerlukan kepemimpinan baru yang dapat diterima semua golongan dan etnik disana. Diterimanya kepemimpinan Muhammad SAW di Madinah dan keberhasilan membangun komunitas masyarakat pluralis menjadikan Islam punya fondasi dalam perkembangannya. Kalifah kedua Umar, menjadikan tahun perpindahan ini sebagai tahun 1 Hijriah dalam sistem kalender Islam yang berdasarkan perhitungan bulan.

 

632

Meninggalnya Muhammad SAW

 

632-634

Abu Bakar, kalifah di Madinah

 

634-644

Umar Ibn Al-Khatāb jadi khalifah Muslim, ekspansi Islam ke Syria, Palestina dan Mesir.

 

644-656

Usmān ibn Affān

 

656-661

Ali ibn Abithalib

 

661-680

Muāwiyah Ibn Abu Sufyān (Muawiyah I) kalifah Islam di Damaskus, awal paham Syiah.

 

 

Tercatat keberadaan kerajan Sriwijaya di Sumatera

670

685

Kalifah Islam kelima Abdul Malik ibn Marwan (685-705) membangun Qubbat as-Sakhhrah atau Dome of the Rock, monument atau tempat suci di Jerusalem sejak keberadaan Islam, batu didalamnya dianggap suci oleh Islam tempat mi’raj Nabi Muhammad, oleh Jahudi diyakini sebagai tempat Ibrahim bapak bangsa  5-dome-of-rock1Jahudi mengurbankan putranya Isak. Kubah ini terletak diatas bekas kuil Sulaiman dan penerusnya.  Dibangun bukan sebagai masjid tempat sembahyang, namun sebagai tempat suci bagi peziarah Islam dan Jahudi. Merupakan bangunan monumental Islam pertama dari segi estetika dan arsitektur, dipenuhi dengan mosaic dan keramik berlapis timah (faience). Berbentu octagonal dengan kubah dari kayu berdiameter 18 meter, diatas silinder yang ditopang 16 tiang dan kolom dengan banyak jendela. Bagian bawah yang persegi delapan dengan kolom lebar 18 meter dan tinggi 11 meter yang dihiasi dengan banyak jendela. Gereja Templar yang mengaku sebagai penjaga Tanah Suci Jerusalem meniru arsitektur ini.

 

671-683

Perjalanan I-Tsing dari Cina ke India melalui Indonesia

 

711-732

Pasukan Muslim Arab-Berber pimpinan Tariq ibn-Zayid, menaklukkan Gibraltar dan meneruskan ekspansi di Spanyol sampai dihentkan oleh raja Frank Charles Martel dalam Perang di Tour (732).  

 

 

Raja Sanjaya jadi penguasa Mataram Kuno yang beraliran Hindu-Syiwa menurut prasasti Canggal, Magelang

732

 

Candi Syiwa dibangun di dataran tinggi Dieng.

750

774

6-charlemagneRaja Charles (Charlemagne) dari Frank masuk Kristen dan dinobatkan oleh Paus Adrian (Leo III) setelah mengalahkan Saxon dan Lombardi atas permintaan Paus, peristiwa ini mendasari berkembangnya Tahta Suci (Kepausan) Roma.

 

800

Al-Khwarizmi, (780-850), Uzbekistan, ahli matematika, astronom, pada kalifah Al-Maimun di Bagdad, menyusun sistematikan pemecahan masalah memakai hitungan al-jabru (restorasi)  yang kemudian menjadi algebra setelah penterjemahan kaya A-Khwarizmi oleh Gerard Cremona ke bahasa Latin. Karya 800-khwarizmi1yang diteruskan dari sistematika Hindu telah menjadi referensi dasar pada abad pertengahan, pemakaian angka Arab oleh dunia diperkirakan dimulai dari karya Al-Khwarizmi karena tabel-tabel astronomi yang dibuatnya akan sangat sukar dipakai bila dalam angka Latin yang berlaku sebelumnya.

Pemecahan persoalan dari dua persamaaan liner; 3x + 4y = 10 dan  2x + y = 5, ialah dengan jalan memisahkan y dari persamaan, maka didapat  y = 5 – 2x.  Kemudian disubstitusi ke persamaan pertama didapat: 3x + 4(5 – 2x) = 10. Sehingga didapat x = 2 lalu memasukkan nilai  x  kedalam persamaan kedua, maka diadapat y = 1. Titik pada x =2, y = 1 adalah persilangan garis dari dua persamaan 3x + 4y = 10 dan  2x + y = 5.

 

 

 

Aliran Budha Mahayana mendominasi Jawa Tengah. Dinasti Syailendra menguasai Jawa tengah dan mendirikan candi Borobudur sebagai tempat peribadatan yang unik dimana pengunjung akan melalui 9 tingkat bangunan semi piramid yang dipenuhi reliks yang berisi kisah visual tentang perjalanan sifat-sifat manusia menuju kesucian. Diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan raja Samarottungga tahun 824.  770-borobudur1Setelah terbenam dalam abu vulkanis selama 1000 tahun ditemukan kembali oleh Thomas Stamford Raffles  tahun 1814. Direstorasi oleh arkeologis Belanda tahun 1911 dan restorasi kedua tahun 1984.     

770-850

817

Pembukaan pelabuhan Canton (Cina) untuk perdagangan internasional oleh dinasti Sung.Menyebabkan meningkatnya hubungan komersil antara Barat dan Asia Timur

 

832

Hunayn ibn Ishāq (al-Ibādī, 808-873), Nama Latin: Johannitius dari Baghdad, memulai menterjemahan karya-karya Plato, Aristotle, Galen, Hippocrates, dan Neoplatonists kedalam bahasa Arab. Hunayn seorang Kristen Nestorian yang belajar pengobatan di Baghdad dan menjadi sangat paham dengan budaya Junani kuno. Menjadi dokter kepala pada kalifah al-Mutawakkil.  Berkeliling ke Syria, Palestina dan Mesir guna mengumpulkan naskah Junani kuno.

 

880

Angkor Wat atau candi-candi Angkor, Kamboja  mulai dibangun oleh raja Indrawarman (877-889). Dibangun sebagai metropolis kerajaan yang terdiri dari istana, candi, waduk, dan saluran irigasi yang kolosal. Indrawarman membangun Preah Ko dan candi  Bakong yang dihiasi dengan patung-patung  arsitektur Khmer. Penerusnya Suryawarman II  (1113-1150) membangun Bakheng (893), Ta Keo (1000). Jayawarman VII membangun kuil Budha Angkor Thom dan Bayon (1200).880-angkor-wat1

 

 

900

Abu Bakar Muhammad Ibn Zakariya Razi, (865-932) Rayy, Iran

Terkenal dengan sebutan Ar-Razi, ahli alkemi dan filsafat Muslim yang masyhur, juga dianggap ahli fisika besar dari masa Islam. Sering dipandang sebagai Socrates dalam filsafat dan Hippocrates dalam pengobatan.

Menulis Kitab al-Hawi (Comprehensive Book) yang meliputi semua tehnik pengobatan dari Yunani, Siria dan Arab dan India diambah pengalaman dan komentarnya sendiri. Salah satunya tehnik perawatan sakit campak. Kitab ini kemudia diterjemahkan kedalam Latin dan bahasa modern lainnya. Buku lainnya Kitab al-Mansuri, dinamai demikian sebagai penghormatan atas perlindungan yang diberikan oleh kalifah Mansur Ibn Ishaq.

Dalam filsafat Ar-Razi kelihatannya bersamaan pandangan dengan Democritus yang mencoba mencari komposisi benda melalui filsafat.

 

 

Kerajaan Mataram Hindu di Jawa Tengah dibawah dinasti Sanjaya menurut prasasti Balitung (907 M)

Pembangunan kelompok candi Loro Jongrang di Prambanan

900

 

Mpu Sindok raja Mataram di Jawa Timur

Pada masa ini terjadi perpindahan pusat kebudayaan dari Jawa Tengah ke Jawa Timur,

menandai mulainya Mataram Hindu di Jawa Timur.

928-947

972

Universitas Al-Azhar, Cairo, Mesir, sebuah institusi akademis tertua didunia, didirikan tahun 972 oleh Jawhar, komandan pasukan dari dinasti Fatimiah. Universitas Islam ini didirikan mengelilingi mesjid Al-Azhar yang dibangun bersamaan.

Sampai tahun 1961 Al-Azhar hanya mengajarkan ilmu agama Islam yang berhubungan dengan teologi dan hukum Islam, kemudian pada tahun itu ditambah dengan fakultas ilmu alam, kedokteran, engineering dan pertanian. Sejak tahun 1872 telah mengeluarkan gelar bachelor, master dan doktoral.

Wanita telah diperbolehkan studi di Al-Azhar dan mengikuti kuliah secara terpisah dan hanaya boleh studi dalam bidang humaniora. Al-Azhar tercatat yang memualai sistem asrama untuk siswanya. Asal siswanya mencakup dari Tunisia, Iraq, Indonesia, China, Japan, France, dan US semuanya berjumlah sekitar 90,000 orang.

 

982

Tamba Yasunori, ahli pengobatan Jepang, menyelesaikan buku pengobatan Isinho sebanyak 30 jilid, berisi metode dan resep pengobatan Cina yang mulai dipelajari oleh pemuda-pemuda Jepang sejak tahun 608.

 

 

Darmawangsa raja di jawa Timur

Disebut juga sebagai Dharmavamsa, adalah raja Hindu dari aliran Siwa, selama pemerintahannya tercatat banyak karya sastra dihasilkan, antara lain Mahabrata vversi bahasa Jawa Kuno, kitab Adiparwa, kitab Bhismaparwa dan Wirataparwa. Beberapa undang-undang yang dibuat masih terpakai di Bali, mengadakan hubungan dengan Kalimantan dan menyerang kerajaan Sriwijaya di Sumatera dan berakibat terbunuhnya Darmawangsa dalam serangan balik Sriwijaya dan kerjaaan dihancurkan.

985-1007

 

Airlangga, raja di Jawa Timur Airlangga adalah menantu dari Darmawangsa, pada saat serangan balik Sriwijaya yang berhasil membunuh Darmawangsa Airlangga sempat menghindar kedalam hutan. Airlangga kemudian mempersatukan kembali. Tahun 1019 dia sudah menguasai daerah Pasuruan dan usaha ini termasuk perang berlangsung sampai 1035 dan efektif meguasai seluruh Jawa bagian Timur. Pada masa ini Mpu Kanwa penyair istana menuliskan kisah Arjunawiwaha dan Mahabrata yang disesuaikan dengan kisah hidup Airlangga, menurut kisah, Airlangga membagi dua kerajaan utnuk dua orang putranya menjadi Janggala dan Kadiri.1019-makam-airlangga

                Makam Airlangga (kiri) di Belahan, dilereng Gunung Penanggungan , Kediri, Jawa Timur.  Dua arca yang didepan adalah permaisuri Wisnu yang berfungsi sebagai pancuran air. Pada bagian tengah yang tertutup  terdapat  arca Wisnu (kanan) yang dipercayai sebagai Airlangga. Seperti halnya ayahnya Udayana yang juga dimakamkan dilereng Barat gunung Penanggungan.

 

Airlangga dianggap sama dengan Wisnu berarti dia seorang raja yang perkasa, nampak dengan 1019-airlangga3menunggang burung garuda bertubuh manusia sedang menginjak dua ekor ular. Perhatikan perbedaan antara sikap yang tenang pada penunggangnya dan kegelisahan pada burung garuda. 

1019-1049

1017

Al Biruni (973-1048), Khorasan (Turkmenistan), saintis  Muslim  mengembangkan alat  menentukan derjat lintang suatu tempat dimuka bumi. Dia merevisi pandangan Ptolemaus tentang aliran laut dari lautan India ke lautan Atlantik.

Menulis buku  Āthār al-bāqīyah (Chronology of Ancient Nations), At-Tafhīm (“Elements of Astrology”).

Pindah ke India, dibahwah Ghazna (Afghanistan).

 

 

Prasasti Leran yang berupa nisan dari Fatimah binti Maimun 475 H, merupakan inskripsi pertama keberadaan Islam di Nusantara.

1082

1071

Jerusalem kota suci bersama bagi ummat beragama Jahudi, Kristen dan Islam, kota ini berada dibawah penguasa Muslim sejak tahun 634 dan selama itu tidak ada masalah bagi semua penganut ketiga agama diatas dalam menjalankan agama dan ziarah bagi penganut dari luar Jerusalem. Mereka dapat bepergian dan tinggal dan mengunjungi tempat-tempat suci dengan bebas. Sejak kalifah Muslim dipegang dinasti Bani Seljuk, Turki, para peziarah dari Barat (Eropa) mulai mendapat gangguan dalam perjalanan semenanjung Balkan, terjadi juga perusakan terhadap tempat-tempat yang dianggap suci oleh Kristen. Hal ini sejalan dengan ekspansi Turki atas Byzantium (Constantinopel) dimana pimpinan Kristen Timur (Katolik Ortodox) berdomisili. Patriarkh Alexius Comnenus meminta bantuan Paus Urbanus II di Rome (Katolik Roma), namun pada tahun 1071, Constantinopel berhasil ditaklukkan Turki, dan meneruskan ekspansi kewilayah Balkan lainnya, peziarah dari Eropa jadi terhambat.

 

1096

Perang Salib pertama.  Atas imbauan Paus Urbanus II (1040-1099), jadi Paus (1088-1099),

Sekelompok orang (bangsawan) membentuk pasukan (crusader army) untuk membebaskan Jerusalem,  1096-perang-salib2dipimpin Godfrey of Bouillon (1061-1100), berjalan dan berlayar melalui berbagai jalur menunju Constantinople, terus bergerak melalui Antiokia yang sebelumnya dikuasai Turki tahun 1085. Berhasil merebut Jerusalem pada 15 Juli 1099. Mereka melakukan pembunuhan massal (massacre) yang memalukan terhadap orang Turki dan penduduk Jerusalem non Kristen. Sebagian besar pulang kembali dan sebagian tinggal di Jerusalem membuat benteng dan pasukan khusus mempertahankan Tanah Suci.

 

 

Jayabaya, raja  Kediri,  mempersatukan kembali Kadiri dan Janggala, penulisan Barathayuda.

1135-1160

1144

Perang salib kedua. Jerusalem kembali diambil alih oleh Turki, pasukan Crusader membangun beberapa negara kota, diantaranya Edessa, Germania dan Frank melancar serangan balasan namun gagal karena pasukan perlawanan Muslim lebih terorganisir. 

 

1150

Gerard Cremona (1114-1187), Lombardy [Italy], menterjemahkan banyak karya-karya Arab Islam ke bahasa Latin.

 

1174

Menara miring Pisa (Itali) dibangun, awalnya dibangun sebagai menara biasa untuk katedral oleh Bonnano Pisano sebagai arsitek.

Kertajaya, raja Kediri, mengurangi peran kaum Bramana, yang berakibat konflik dan kalahnya Kertajaya berakhir pula kerajaan Kediri.

1190-1222

1187

Perang Salib ketiga. Salahuddin Al Ayubi (Saladin) seorang pemimpin Islam dan militer yang legendaris menaklukkan Jerusalem stelah dikuasai Ftanks selama 88 tahun. Tiga orang Raja dari Eropa bergabung melawan Saladin; Richard the Lion Hearted (England), Frederick Barbarosa (German) dan Philip Augustus (Frank). Frederick menyerang melalui laut  ke Asia Kecil Juni 1190 dan dipukul mundur. Richard dan Philip sempat merebut kembali kota Acre, namun gagal menaklukkan Jerusalem. Kemudian Richard dan Saladin mengadakan perjanjian damai tahun 1192 yang membolehkan para peziarah Eropa mengunjungi Jerusalem-Tanah Suci dengan bebas.

 

1200

Fakultas kedokreran dan filsafat didirikan dalam Universitas  Bologna (Italia).

 

1202

Perang Salib keempat. Terjadi pelencengan terhadap tujuan awal perang salib, Mesir pusat kekuasaan Islam menjadi target. Karena jalur pelayaran Mediteranie ke Mesir melalui Venice, dimana orang Venesia lebih berminat atas perdagangan dibanding agama, atas pengaruh mereka para Crusader melupakan Mesir dan mereka menaklukkan kota pelabuhan Zara (Zadar, Croatia) kota Kristen saingan Venesia. Kemudian tahun 1203 menyerang Constantinople (Katolik Timur), menaklukkan dan menjarahnya 1204, atas kehendak Paus. Innocentius III (1160-1216), menjadi Paus (1198-1216).

 

1212

Perang Salib Anak-anak

Semangat Perang Suci juga mempengaruhi anak-anak seperti halnya pada orang dewasa. Seorang anak penggembala Stephen dari Cloyes (dekat Vendome – Perancis) menyatakan mendapat penampakan Jesus yang memerintahkannya menyusun pasukan untuk membebaskan Tanah Suci dari tangan penguasa Muslim. Berhasil menghimpun 30,000 orang anak-anak dan orang dewasa miskin. Mereka berbaris menuju Paris meminta raja Philip II berperang bersama mereka. Raja menyuruh mereka kembali pulang kerumah.

Nicholas anak Jerman dari Cologne menghimpun jumlah yang lebih besar dari daerah Rhineland dan Lorraine, meyakinkan pengikutnya bahwa mereka akan dibantu Tuhan dalam membebaskan Jerusalem. Mereka berbaris melewati kota Mainz, dimana sebagian berhasil dibujuk pulang kembali, sisanya meneruskan menyeberangi Alpen sampai ke Itali dan terpecah jadi beberapa kelompok. Sebagian terus ke Venice dan Genoa, sebagian lagi sampai ke Marseille Perancis dalam mencari tumpangan kapal ke Mesir. Bagian terbesar anak-anak itu hilang tak berbekas, yang diyakini telah dijual sebagai budak oleh setelah dibawa ke Mesir oleh pedagang yang curang.  Episode ini tidak menghasilkan apa-apa bagi Eropa selain dari histeria patetik merebut kembali Jerusalem akibat dari imbauan seorang Paus yang menimbulkan ‘suasana mati demi Tuhan’ pada hampir semua kalangan.

 

1215

Bangsawan Britania (Inggris) memaksa raja John (1167-1216), menanda tangani MAGNA CARTA pernyataan tentang hak pribadi, yang merupakan embrio demokrasi modern. Magna Carta atau The Great Charter of English Liberties yang dikeluarkan guna mencegah ancaman perang saudara, mengalami tiga 1215-magnacartakali perubahan yaitu pada tahun 1216, 1217, dan 1225.  Pada masanya piagam ini belum banyak memberikan perubahan yang berarti, namun sangat berpengaruh untuk generasi berikutnya. Magna Carta menjadi simbol perjuangan melawan penindasan terhadap kebebasan, Petition of Right (1628) dan Habeas Corpus Act (1679) keduanya merujuk langsung pada pasal 39 dari Magna Carta yang berbunyi: “no free man shall be…imprisoned or disseised [dispossessed]…except by the lawful judgment of his peers or by the law of the land.”. Konsitusi USA memeperlihatkan pemikiran yang langsung berasal dari piagam ini. (Brittanica Ensiclopoedia)

 

1218

Perang Salib Kelima.  Pasukan dari Frank dan German dipimpin kardinal Pelagius mencapai Dumyat (Damietta, Mesir). Mereka ditawari Jerusalem asal meninggalkan Mesir, dan ditolak karena berharap mendapatkan wilayah yang jauh lebih besar. Misi ini tidak berhasil dan akhirnya membuat kesepakatan damai dengan Muslim (Mesir) tahun 1221.

 

1219

Ghengis Khan atau Temujin (1155-1227) Baikal, Mongolia.

1219-mongol-islamMenyerbu Bukhara dan Samarkand.

Imperium Mongol berlanjut.

 

 

Rajasa Amurwabhumi (Ken Angrok) raja Kerajaan Singosari.

Ken Angrok yang berasal dari rakyat biasa, membunuh Tunggul Ametung bupati Tumapel, memperistri Ken Dedes janda Tunggul Ametung, menaklukkan Kediri dan membangun dinasti Girindrawangsa 

1222-1227

1228

Perang Salib Keenam.  Dipimpin oleh Frederick II, Raja Holy Roman dari Franks dengan disertai sejumlah pemimpin pasukan dari berbagai negeri Eropa. Tanpa pertempuran besar, berhasil membuat perjanjian dengan Sultan Mesir, Malik al-Kāmil (1180-1238) dengan sebagian besar Jerusalem menjadi bagian Kristen.

 

 

Anusapati, raja di Singosari1247-silsilahsingosari

1247-1248

1249

Perang Salib ketujuh. Pasukan Turki merebut Jerusalem 1244, Louis IX dari Perancis memimpin perang salib, merebut Damietta dengan harapan menukar dengan Jerusalem, gagal karena pasukannya menderita kekalalahan besar. Louis sendiri ditawan dan dibebaskan tahun 1250 dengan tebusan.

 

1250

Roger Bacon, (1220-1292), Oxford, England, merevisi pandangan keilmuan dengan mengajukan experimental science.

 

1252

Paus Innocentius IV membolehkan inkuisasi atau pengadilan gereja memakai cara kekerasan yang kemudian menjadi brutal. Mencapai puncaknya pada jaman Raja Ferdinand dan Ratu Isabela (Spanyol), diperkirakan 2,000 orang dibakar hidup-hidup dan 160,000 Jahudi diusir dari Spanyol/Portugal.  Raja Charles V melakukan di Belanda pada 1522, inkusasi Spanyol dan jajahannya berakhir tahun 1834.

 

1260

Islam memasuki Gujarat, pusat perdagangan India untuk wilayah Timur

Wisynuwardhana, raja di Singosari

1248-1268

1260-1295

Cina dipersatukan dibawah emperor Kubilai Khan (Mongol). Ekspansi pertama ke Selatan

 

 

Kertanagara, raja Singosari.

·         Membangun pusat pemerintahan Singosari1268-kartanegara

·         Mengadakan perlawanan terhadap hegemoni Kubulai Khan

·         Mengadakan aliansi dengan Campa menghadapi Mongol

·         Menolak mengakui Mongol setelah Campa jatuh kebawah Mongol.

·         Terbunuh oleh Jayakatwang vasal Singosari.

Patung dalam bentuk hari-hara ardhanari yang diyakini sebagai Kartanegara.

Museum fur Volker Kunde,  Berlin tahun 1865

 

1268-1292

1270

Perang Salib kedelapan (terakhir). Raja Louis IX kembali mencoba menebus kekalahan tahun 1249, mendarat di Afrika Utara, meninggal karena sakit sampar. Kemudian dibaptis sebagai Santo. Setelah itu Eropa kehilangan minat menjalankan perang suci dan Jerusalem kembali dibawah Muslim 1291.

Hasil Perang Salib

Perang ini menstimulasi perdagangan, makanan, bumbu dan tekstil baru muncul di Eropa. Terjadi pertukaran pengetahuan pengobatan, sains dan peralatan perang yang semuanya bermuara pada terjadinya pemikiran pencerahan atau Renaissance

 

 

Kemunculan kerajaan Islam Samudra Pasai (kota Perlak) di ujung Sumatera, dengan penguasa pertama, Malik Al Saleh, yang makamnya bertarikh 696 H (1297 M.

1290

1307-1368

Perlawanan di Cina mengusir Mongol, dan berdirinya Dinasti Ming

Marcopolo mengunjungi Sumatera

1292

 

Raden Wijaya mengusir pasukan Kubilai Khan (Mongol) yang akan menghukum Kartanegara dan Jawa dan mendirikan Majapahit dan menjadi raja pertama bergelar Kertarajasa Jayawardhana

1294-1309

 

Jayanegara putra mahkota Kertarajasa Jayawardhanadengan Dara Petak putri Melayu , menjadi raja Majapahit. Jayanegara dibunuh oleh tabib Tancha, yang kemudian dibunuh oleh Gajah Mada.

1309-1328

 

Tribuana Wijayottunggadewi

Jayanegara tidak berputra, yang menggantikan seharusnya Gayatri yg menjadi pertapa, maka anaknya Sri Gitarja menggantikan dan bergelar Tribuana. Dia memerintah didampingi suaminya Kertawardhana. Tribuana mengangkat Gajah Mada sebagai mahapatih.

Dibantu Adityawarman, Gajah Mada menaklukkan Bali (1334)

1329-1350

1347

Black Death Wabah penyakit sampar (pes) menyerang Eropa, diperkirakan sekitar sepertiga penduduk Eropa 1347-blackdeathmeninggal akibat wabah ini.

Wabah ini bermula dari Sisilia waktu pasukan Kipchak melemparkan bagian-bagian mayat kedalam kota yang dikepung.

 

1355

Ibnu Batutah (1304-1369), Tangier, Morocco, membukukan riwayat perjalannya sejauh 120,000 km menjelajahi negeri-negeri Muslim, termasuk perjalanannya  ke Cina dan Sumatera.

 

1337-1453

Perang 100 tahun. Legalitas raja-raja abad pertengahan seringkali berkaitan antar satu kerajaan dengan lainnya. Raja William I dari Normandi menaklukkan England 1066, kemudian perkawinan dan aliansi telah merobah hak English didaerah Perancis. Pada waktu meninggalnya raja perancis Charles IV pada 1328, Edwar III dari England yang juga adalah Duke dari Guyenne (Selatan Perancis) dan Count dari Ponthieu (English Channel) dan ibu dari Edward II adalah saudara Charles IV yang tidak punya putra, maka Edward III merasa berhak atas tahta Perancis. Count Valois yang merupakan cucu dari Philip III (Perancis) juga mengklaim tahta itu.  Bangsawan Perancis memilih Philip VI, yang merampas tanah Edward III, dan berakhir dengan perang yang berkepanjangan selama lima generasi.

 

1349

Duke of Burgundy (Franks) menguasai Netherland, Belgium & Luxemburg. Sejak abad ke 10 daerah Netherland terbagi atas beberapa negara kecil yang berperang satu sama lain.  Burgundy menyatukan daerah ini yang kemudian dikuasai oleh Dinasti Habsburg (Austria) sampai abad ke 15.

 

 

 Hayam Wuruk (Rajasanagara) raja Majapahit

Gajah Mada masih menjadi mahapatih Majapahit, legenda sumpah Palapa oleh Gajahmada bersumber dari buku Negarakertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365 semasa Hayam Wuruk. pada masa ini Majapahit mendapat masa keemasan dengan keberhasilan penaklukan (setidaknya hegemoni) banyak kerajaan lain seantero Nusantara

1350-1389

1358

Penyelesaian istana Alhambra (Cordova) setelah dikerjakan selama 80 tahun.

Alhambra, istana dan sekaligus benteng, Granada, Spanyol. Nama Alhambra (Arab) mempunyai arti ”si merah” karena dindingnya terbuat dari bata yang berwarna merah. Dibangun pada masa pemerintahan Ibn Al-Ahmar dinasti Nasrid (1238) dan penerusnya diatas sebuah bukit dimana seluruh penjuru kota Granada kelihatan. Dekorasi interior yang mengagumkan dibangun oleh Yusuf I (m.1354). Setelah bangsa Moor dikalahkan pada tahun 1492, sebagian interior dirobah dan dihancurkan. Dibangun kembali oleh Charles V yang  menguasai Spanyol (1515-1556) dengan gaya Rennaisance. Berapa menara dirubuhkan oleh Perancis dalam Perang Kemerdekaan (1812). Gempa dahsyat tahun 1821 menambah kerusakan struktur.  Restorasi dimulai tahun 1828 dan berlanjut sampai abad ke 20.

Alcazaba atau benteng, merupakan bagian tertua yanga dibanguan oleh bangsa Moor hanya tinggal didnding benteng yang massif. Didalam Alcazab terletak istana Alhambra yang terbagi dua dengan Alhambra Alta (Alhambra Atas) tempat kedudukan pemerintahan pada jaman dulu.

Ruangan utama istana ini Patio de los Arrayanes (Court of the Myrtles) dan Patio de los Leones (Court of the Lions, dinamai demikian karena ditengahnya ada air mancur yang ditopang oleh 12 patung singa dari marmer, lambang kekuatan dan keberanian). Ruangan yang paling penting ialah Sala de los Embajadores (Hall of Ambassadors, yang merupakan ruangan resepsi), kemudian Sala de las Dos Hermanas (Hall of Two Sisters, dengan ornament model stalactite. 

 

 

Majapahit menaklukkan Palembang dan tumbuhnya Malaka

Parameswara diyakini sebagai seorang pangeran dari Palembang yang berhasil meloloskan diri dari serangan Majapahit, melarikan diri ke semenanjung Malaya, menemukan pelabuhan yang bagus dibagian paling sempit dari selat Malaka dan mendirikan kota pelabuhan Malaka.

Malaka bergerak menaklukkan daerah-daerah di kedua sisi Selat Malaka yang menghasilkan bahan pangan, timah, emas, dan lada, sehingga meningkatkan kemakmuran dan posisi strategisnya. Pada tahun 1480, kerajaan ini menguasai pusat-pusat penduduk yang penting di seluruh Semenanjung Malaya bagian selatan dan pantai timur Sumatera bagian tengah.

Pada mulanya, Parameswara adalah seorang raja yang ber­agama Hindu—Budha, tampaknya pada masa akhir pemerin-tahannya (1390-1414), dia menganut agama Islam dan memakai nama Iskandar Syah. Dua orang penggantinya, Megat Iskandar Syah (1414-1424) dan Muhammad Syah (1424-1444), beragama Islam. Akan tetapi, ada kemungkinan telah terjadi suatu reaksi dari kalangan Hindu-Budha selama masa pemerintahan raja keempat, Parameswara Dewa Syah (1445-6), yang tampaknya terbunuh dalam suatu kudeta yang dilancarkan orang Islam dan digantikan oleh saudara sepupunya, Sultan Muzaffar Syah (1446-1459). Setelah itu, posisi Islam semakin tidak tersaingi.

Aspek yang paling menarik dari Malaka bagi sejarah Indo­nesia ini ialah jaringan perdagangannya yang sangat luas yang membentang sampai ke pulau-pulau di Indonesia. Tome Pires, penulis Portugis, telah melukiskan kebesaran sistem ini dengan semangat yang mungkin berlebihan, tetapi deskripsi umumnya jelas dapat dipercaya.  

1377

 

Perang Bubat

Titik balik perluasan Majapahit berakhir dengan Perang Bubat yang terjadi antara kerajaan Sunda dengan Majapahit. Bermula dari rencana perkawinan politik Hayam Wuruj dengan Dyah Pitaloka (citraresmi) dari Sunda. Sewaktu pengantin dan rombongan samapai di Majapahit (Trowulan), Gajah Mada menghendaki pengantin dipersembahkan lebih dulu kepada Hayam Wuruk sebelum perkawinan dilaksanakan. Hal itu tidak bisa diterima oleh rombongan Sunda, dan peperangan di Bubat. Semua rombongan dan pengantin terbunuh.

Catatan: Dua negara besar pada abad XIV dan XV, Majapahit dan Malaka, Majapahit adalah negara Hindu-Budha,. sementara Malaka, walaupun merupakan negara terpenting di nusantara bagian barat, terletak di kawasan yang sekarang menjadi negeri Malaysia. Sejarah yang rinci mengenai Majapahit sangat tidak jelas. Sumber-sumbernya yang utama adalah prasasti-prasasti berbahasa lawa Kuno, naskah Desawarnana atau Negarakertagama berbahasa Jawa Kuno yang ditulis pada tahun 1365 (dikenal hanya dalam manuskrip-manuskrip yang lebih kemudian), naskah Pararaton berbahasa Jawa Tengahan (yang dikenal dari salinan-salinan yang lebih kemudian yang ditemukan di Pulau Bali), dan beberapa catatan berbahasa Cina. Keterpercayaan sernua sumber yang berbahasa Jawa tersebut telah disangsikan oleh C.C. Berg, yang menyatakan bahwa sumber-surnber itu harus dipandang bukan sebagai dokumen-dokumen sejarah, melainkan sebagai dokumen-dokumen sakti, yang harus dipahami dalam konteks mitos-mitos politiko-religius yang menjadi perhatian para penulis catatan-catatan tersebut. Berg beranggapan bahwa naskah-naskah itu tidak dimaksudkan untuk rnerekam peristiwa-peristiwa masa lampau,

 

1379

1403

Kaisar Ming (China) memulai politik ekspansi ke Selatan

 

 

Vikramawardhana raja Majapahit

1389-1429

 

Cheng Ho (seorang Muslim) dutabesar Kaisar Cihina mengunjungi Sumatera dan Jawa dan memaksa semua raja Jawa dan Sumatera mengakui kekuasaan Cina. Sekaligus masuknya Islam dari Cina.

1405

 

Makam Maulana Malik Ibrahim, makam Muslim pertama di Gresik

1419

 

Ratu Suhita raja Majapahit

1429

1435

Leonardo da Vinci (1452-1519), artis, pelukis, pematung, arsitek, engineer dan saintis dari Florence, Italia. Leonardo mulanya magang pada Andrea del Verrochio (1435-1488), dan memperlihatkan bakat melukis 1435-davinciyang menakjubkan, menulis Della Pitture (Treatise On Painting) pada 1435. Melakukan penyelidikan anatomi manusia dan membuat gambar anatomi dengan detail yang mengagumkan. Pada awalnya studi anatominya sekitar struktur kerangka dan otot manusia, kemudian beralih kebagian dalam. Leonardo menggabungkan riset anatomi dan fisiologi atau fungsi mekanik dari tubuh manusia yang dikerjakan dengan membedah mayat di rumah sakit bersama Marcantonio della Torre. Riset ini tidak dipublikasikan, baru terungkap setelah tahun 1956.1435-anatomi-vinci

Bersama ahli matematika Lucia Paciolli mempublikasikan hasil studinya tentang Divina Proportione (Proporsi Agung) pada tubuh manusia melanjutkan teori proportionalitas Vitruvius (100 BC) dengan membuktikan teori itu berasal dari proporsi tubuh manusia, jarak dari kepala ke pinggang dan pinggang ke ujung kaki terhadap tinggi selalu dalam proporis yang disebut golden section. Gambar ini terkenal dengan nama Vitruvian Man. Pada saat  tubuh manusia berdiri tegak diatas lantai rata dengan lengan terentang, maka garis terluar akan membentuk segi empat, bila dalam posisi kedua lengan terangkat dan kaki jarang atau posisi elang, maka garis terluar akan membentuk lingkaran. Penemuan ini mempunyai kontribusi dalam merubah pandangan tentang manusia zaman Renaissance.

Golden Section yang diulas oleh Leonardo dalam seni, mathematika, adalah proporsi geometris yang ada di alam, misalnya perbandingan panjang tulang siku terhadap panjang lengan, angka perbandingan ini selalu jatuh pada angka 0.6180339….  Secara estetis ini adalah proporsi terbaik dalam arsitektur dan lainnya dalam alam.  A————-B——–C

Bila AB = 1 dan panjang keseluruhan AC = x,  maka AC/CB = AB/AC  dapat dirobah menjadi  x / (1-x) = 1 / x  bila kedua sisi persamaan dikalikan dengan x(1-x) akan mendapatkan  x2 = 1 – x,  penyelesaikan dengan persamaan kuadrat, akan mendapatkan  x = (-1 + Ö5) / 2 = 0.6180339…1435-proportion-vinci2

Sebagai saintis Leonardo da Vinci sangat menonjol pada zamannya seperti halnya dalam karya seni semuanya berasal dari obeservasi yang sangat teliti, sebagian besar ditulis dengan terbalik sebuah pameran skill yang luar biasa. sebagian besar karya sains itu tidak berhubungan dengan zamannya, lebih banyak berkaitan dengan zaman modern. Dalam anatomi dia mennyeldiki aliran darah dan menkanik pergerakan mata. Dia melakukan studi geologi dan meteorologi dan menemukan pengaruh bulan terhadap pasang dan terbentuknya benua dan asal mula fossil. Teori awal hidrolik darinya yang menghasilkan tehnik kanal. Dia merancang banyak sekali mesin dan mekanik, termasuk perlatan untuk terbang walaupun tidak praktis namun sangat sesuai dengan prinsip aerodinamik, demikian pula dengan ortnithopter, dasar dari helikopter telah diselidiki oleh Leonardo. Setidaknya Leonardo da Vinci adalah illustrator saintifik pertama.

 

 

 

Wijayaparakramawardhana (Bre Tumapel) raja Majapahit

1447-1451

 

Rajasawardhana (Bre Pamotan) raja Majapahit

1451-1453

 

Girisawardhana (Bre Wengker) raja Majapahit

1456-1466

 

 Singhawikramawardhana (Bre Pandan Salar) raja Majapahit

1466-1478

1492

Christophorus Columbus (1451-1506) sampai di San Salvador, benua Amerika.